Sungai Telaga Waja Karang Asem

“Telaga Waja” merupakan nama sebuah sungai yang berlokasi di Kabupaten Karangasem,yang merupakan sungai terbesar ke-2 di Bali setelah Sungai Ayung. Sungai Telaga Waja memiliki sumber air dari aliran beberapa mata air di kaki Gunung Agung yang merupakan Gunung Tertinggi di Bali. Sumber mata air utama berasal dari dua buah titik yang berada di sebelah barat Pura Besakih  dan sebelah timur Pura Besakih yang merupakan Pura Terbesar di Bali dan mengalir di bekas aliran larva Gunung Tertinggi tersebut.

Sungai Telaga Waja

Sungai Telaga Waja

Kemudian aliran sungai ini mengalir ke bawah (Selatan) dan bergabung dengan beberapa mata air baru yakni mata air Arca kemudian mata air Lipang hingga muncul lagi mata air besar yang disebut Telaga Waja. Selanjutnya dalam alirannya ke bawah ada banyak sekali mata air kecil yang bergabung dan menjadikan debit air sungai Telaga Waja menjadi membesar. Hingga alirannya sampai di Desa Muncan, Sungai Telaga Waja bergabung lagi dengan Sungai Yeh Asah  dimana sungai Yeh Asah bersumber dari dua mata air yang besar yakni mata air Buka dan mata air Kelebut.

Setelah petemuan dua sungai besar inilah debit air menjadi makin besar dan diklaim sebagai sungai tempat melakukan aktivitas rafting terbaik di Bali yang saat ini populer dengan sebutan Telaga Waja Rafting. Telaga Waja Rafting memiliki banyak kelebihan dibandingkan rafting di tempat lain sehingga rafting di sungai terbesar ke-2 di Bali ini menjadi pilihan aktifitas yang sangat populer di Bali.

Ingin tahu berbagai kelebihan Telaga Waja Rafting ? Silahkan baca juga artikel kami “6 Kelebihan Telaga Waja Rafting !

Kelebihan Sungai Telaga Waja Dibandingkan Sungai Besar Lainnya Di Bali

  • Air sungai  yang  berasal dari sumber mata air pegunungan yang masih bebas dari pencemaran menjadikan air sungai Telaga Waja ini sangat jernih dan bening, bahkan dasar sungai terlihat dengan jelas serta ikan ikan kecil di bawah sungai memberikan pemandangan yang benar benar sulit kita dapatkan di tempat lain.
  • Arusnya yang cukup deras tetapi masih aman digunakan untuk aktivitas arung jeram, menjadikan Sungai Telaga Waja sebagai lokasi faforit untuk aktivitas Rafting di bali.
  • Lokasinya yang berada di Kaki Gunung Agung  menjadikan Sungai ini memiliki udara yang segar dengan pemandangan yang indah khas pegunungan.

Ada puluhan provider rafting yang memanfaatkan Sungai Telaga Waja sebagai lokasi rafting atau arung jeram karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Start Point kebanyakan dimulai setelah jembatan dekat pertemuan sungai Telaga Waja dengan sungai Yeh Asah yang berlokasi di Desa Muncan, Selat, Karangasem.

 

You may also like...